close
Tips Memberikan Kritik dan Saran yang Baik untuk OSIS - idnpacific
Sekolah

Tips Memberikan Kritik dan Saran yang Baik untuk OSIS

Memberikan kritik dan saran atas kiner OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) merupakan salah satu hal yang penting dilakukan oleh siswa. Terkadang ada beberapa hal yang kurang baik, tidak efisien, atau hal-hal yang memang perlu dikritik.

Tujuan mengeluarkan kritik untuk Kakak OSIS tak lain agar OSIS menjadi lebih baik lagi kedepannya dan mau berkolaborasi atas masukan teman-teman sekolah. OSIS memang berkaitan langsung dengan siswa sekolah, apalagi kegiatan-kegiatan yang sering diadakan di sekolah.

Memberi kritik kepada Kakak OSIS tidak boleh sembarangan. Kita jangan sampai menyinggung perasaan, melontarkan kritik tanpa bukti, atau mengkritik untuk menjatuhkan. Nah berikut ini beberapa tips memberikan kritik kepada OSIS yang baik.

Tips Mengeluarkan Kritik dan Saran untuk OSIS

1. Jangan Keluarkan Kritik tanpa Bukti atau Alasan yang Jelas

Pertama, jangan pernah keluarkan suatu kritik tanpa adanya bukti yang jelas. Kritik harus didasarkan pada fakta yang ada, misalnya kinerja OSIS yang benar-benar buruk, sikap OSIS yang buruk terhadap siswa, atau OSIS kurang bekerja/berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.

2. Saran Berisi tentang Solusi yang Berguna

Selain mengeluarkan kritik, kita juga harus menyiapkan saran yang merupakan solusi atas permasalahan yang dikritik. Misalnya kritik sikap OSIS yang buruk, maka saran yang tepat adalah OSIS harus memperbaiki sikap agar lebih ramah dan santun.

3. Gunakan Bahasa yang Sopan

Kalimat kritik harus disampaikan dengan menggunakan bahasa yang halus dan sopan. Hindari memakai bahasa yang kasar atau sifatnya menyinggung perasaan. Dengan begitu, OSIS akan lebih mudah menerima masukan dan saran dari teman-teman siswa.

Related Articles

Back to top button