close
Bertindak Bersama Sebagai Kelompok (Jawaban TTS) - idnpacific
TTS

Bertindak Bersama Sebagai Kelompok (Jawaban TTS)

Pernahkah kalian bermain teka-teki berupa kotak-kotak putih yang menyuruh mengisi kosakata tertentu? Jika pernah, kalian pasti tidak asing lagi dengan yang namanya TTS atau singkatan dari teka-teki silang.

Permainan TTS merupakan permainan yang dapat melatih kemampuan berpikir dengan menyambungkan setiap huruf dari sebuah kata dengan huruf yang lain. Dari hasil penggabungan ini, maka akan ditemukan kata baru yang sedang dicari dan cocok sebagai pertanyaan.

Meskipun teka-teki silang sudah ada sejak lama, namun kepopulerannya masih tinggi hingga saat ini. Kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa masih suka bermain TTS karena cocok untuk mengisi waktu luang, dapat mengasah otak, serta menambah pengetahuan.

Pengertian TTS

TTS adalah singkatan dari teka-teki silang, yaitu sebuah permainan kata yang dibentuk dari kotak-kotak, ruang hitam, dan ruang putih. Pemain diminta untuk mengisi ruang kosong berwarna putih dengan kata tertentu yang memiliki relevansi dengan huruf dari kata sebelumnya sehingga terbentuk frasa baru.

Teka-teki silang memuat pertanyaan yang sangat beragam dan hampir tak terhitung, mulai dari tema pengetahuan umum, benda, hewan, tempat, hingga berbagai istilah kata yang ada di dalam kamus.

Menjawab soal TTS memang tidak semudah yang kita bayangkan. Terlebih lagi soal yang menanyakan istilah tertentu yang belum pernah kita pelajari. Salah satu soal yang membuat banyak orang penasaran adalah “bertindak bersama sebagai kelompok tts”, apa jawabannya? Mari simak ulasan berikut ini.

Bertindak Bersama Sebagai Kelompok

  • Kolektif

Jawaban yang relevan adalah kolektif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kolektif adalah secara bersama; secara gabungan. Sedangkan dalam pengertian umum, kolektif adalah sekumpulan pribadi yang bekerja sama untuk tujuan tertentu tanpa adanya hierarki di dalamnya.

Sebuah kelompok yang disebut kolektif dapat berupa kelompok besar ataupun kecil, berjalan pada waktu yang lama atau singkat, dan keanggotaannya bersifat sukarela tanpa paksaan.

Perlu kalian ketahui juga bahwa kelompok sosial, LSM, manajemen, bos, presiden, pengajar, atau bahkan lembaga politik tidak dapat disebut kolektif karena tidak memiliki kriteria yang sesuai dengan definisi kolektif itu sendiri.

Penutup

Sekian pembahasan artikel kali ini tentang istilah untuk bertindak bersama sebagai kelompok. Jadi jawaban yang benar adalah kolektif karena definisinya di dalam kamus cocok dengan pertanyaan. Semoga ulasan ini membantu dan bermanfaat.

Related Articles

Back to top button