close
Tenteram atau Tentram, Mana Penulisan yang Benar? - idnpacific
Kata Baku

Tenteram atau Tentram, Mana Penulisan yang Benar?

Ketika ingin menulis suatu kata dalam bahasa Indonesia, terkadang kita merasa bingung mana penulisan yang benar dan baku. Beberapa kata terasa baku menurut pandangan kita karena sering dipakai dalam percakapan sehari-hari, padahal kata tersebut tidaklah baku.

Salah satunya adalah tentram atau tenteram yang masih banyak orang salah dalam menulisnya. Penasaran mana penulisan kata ini yang tepat sesuai yang ada dalam KBBI? Simak penjelasannya berikut ini.

Tenteram atau Tentram

Penulisan yang benar dan baku adalah Tenteram, bukan Tentram.

Kata trentram adalah bentuk tidak baku dari tenteram karena tidak ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut KBBI, tenteram adalah [1] aman; damai (tidak terdapat kekacauan): di tempat yang — mereka dapat bekerja dengan giat; [2] tenang: apabila kehidupan ekonomi lebih baik, para pegawai negeri dapat hidup dengan —;

Kesimpulan

Meskipun dalam percakapan sehari-hari banyak yang memakai kata tentram, sebaiknya kita hindari kata tersebut. Intinya kita perlu membiasakan kata baku, baik dalam percakapan sehari-hari maupun ketika menulis agar tidak bingung membedakannya.

Back to top button