close
5 Antonim Mandiri dalam Bahasa Indonesia - idnpacific
Kata

5 Antonim Mandiri dalam Bahasa Indonesia

Untuk memperluas wawasan kebahasaan, kita tentunya perlu belajar setiap kosakata termasuk sinonim dan antonimnya. Sinonim memiliki definisi  hubungan semantik yang menyatakan adanya kesamaan makna antara satu kata dengan kata lainnya. Relasi sinonim ini bersifat dua arah, lebih sederhananya sinonim sering disebut sebagai persamaan kata.

Sedangkan Antonim adalah hubungan semantik antara dua buah satuan ujaran yang maknanya menyatakan kebalikan, pertentangan, atau kontras antara yang satu dengan yang lainnya. Antonim juga sering dikenal sebagai lawan kata, nah salah satu yang banyak dicari adalah antonim kata mandiri, penasaran seperti apa? berikut penjelasannya.

Antonim Mandiri

  • Bergantung
  • Terikat
  • Beramai-ramai
  • Tergantung
  • Terkungkung

Penjelasan

Ketika kita ingin mengetahui antonim sebuah kata, maka kita perlu tahu makna kata tersebut terlebih dahulu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata Mandiri adalah dalam keadaan dapat berdiri sendiri; tidak bergantung pada orang lain. jadi jelas bahwa lawan dari tidak bergantung pada orang lain adalah bergantung, terikat, beramai-ramai, tergantung, dan terkungkung. Nah bagi yang belum tahu apa itu terkungkung, Terkungkung artinya terbelenggu; terkurung.

Akhir Kata

Demikian pembahasan antonim mandiri dalam bahasa Indonesia berdasarkan pada definisi KBBI. Jadi lawan kata mandiri cukup beragam, bisa itu bergantung, terikat, beramai-ramai, tergantung, atau terkungkung.

Related Articles

Back to top button