close
1 Tahun Cahaya Berapa KM? Ini Jawaban dan Cara Memahaminya - idnpacific
PengetahuanSainsSpace

1 Tahun Cahaya Berapa KM? Ini Jawaban dan Cara Memahaminya

Alam semesta adalah tempat yang tidak terbayangkan luasnya di otak kita, apalagi ujung dari semesta ini tidak ada kepastian dan belum benar-benar diketahui. Kalau cuma sebatas teori, maka alam semesta itu selalu melebar dan makin luas setiap waktu. Karena itu terlalu mustahil bagi manusia untuk mencapai ujung alam semesta, sementara pergi ke galaksi tetangga saja masih tidak mungkin untuk dilakukan.

Karena tempat yang begitu luas tadi dan jarak objek-objek angkasa seperti bintang dan galaksi begitu jauh, maka ada yang kita kenal sebagai “Tahun Cahaya”. Memang namanya tahun, tapi ini bukanlah satuan waktu, melainkan satuan jarak yang dipakai untuk jarak-jarak objek luar angkasa.

1 Tahun Cahaya Berapa KM Sih?

  • 1 Tahun cahaya itu 9,4 Triliun Kilometer

Sudah terbayang seberapa jauh itu? Ya, memang seperti itulah satuan jarak untuk menyebut lebih mudah objek-objek jauh di luar angkasa. Biasanya tahun cahaya digunakan untuk jarak antara bumi dengan bintang lain selain matahari atau ke galaksi lain seperti Andromeda.

Lalu Kalau Bulan Sama Matahari Itu Berapa Jaraknya?

Bulan dan matahari masihlah objek yang dikatakan dekat, karena itu jaraknya tidak sampai hitungan tahun cahaya. Kok bisa? Ya bisa, karena jarak bumi ke bulan itu cuma 384.400 KM sedangkan bumi ke matahari itu 147 juta KM, sedangkan 1 tahun cahaya itu mencapai 9,4 Triliun KM.

  • Jadi Jarak Bumi ke Bulan hanya 1,3 detik cahaya
  • Sedangkan Jarak Bumi ke Matahari hanya 8,3 menit cahaya

Artinya apa? Artinya jika kita bergerak dengan kecepatan cahaya, yaitu 300 ribu km/detik, maka untuk sampai ke bulan hanya perlu 1,3 detik dan sampai ke matahari hanya perlu 8,3 menit.

Kita Mengkhayal Lagi

Andai saja kita punya pesawat luar angkasa yang bisa terbang dengan kecepatan cahaya (300 ribu km/detik), maka berapa lama sampainya ke galaksi Andromeda?

Nah jarak bumi ke galaksi andromeda adalah 2,537 juta tahun cahaya. Artinya jika kita pakai pesawat berkecepatan cahaya, maka untuk sampai ke galaksi andromeda butuh waktu 2,537 juta tahun lamanya. Ya, memang selama itu dan inilah alasan kenapa mustahil kita ke andromeda.

Related Articles

Back to top button