close
Cara Kerja Ekolokasi Kelelawar : Melihat dengan Indra Pendengaran - idnpacific
PengetahuanSains

Cara Kerja Ekolokasi Kelelawar : Melihat dengan Indra Pendengaran

Ekolokasi bentuk sonar biologi yang digunakan oleh beberapa jenis hewan, ekolokasi bisa disebut juga sebagai biosonar. Hewan dengan kemampuan ekolokasi seperti memiliki kecanggihan teknologi sonar yang mampu mendeteksi lingkungan sekitar dengan gelombang frekuensi tinggi (ultrasonik).

Kelelawar dan Lumba-Lumba adalah hewan yang paling terkenal dengan kemampuan ekolokasinya. Kelelawar dengan ekolokasi mampu terbang dan berburu di lingkungan yang benar-benar tanpa cahaya. Begitu juga Lumba-Lumba yang memanfaatkan fitur canggih ini untuk eksplorasi dan berburu mangsa.

Bagaimana Cara Kerja Ekolokasi Kelelawar?

Ekolokasi pada kelelawar memungkinkannya melihat dengan indra pendengaran, aneh bukan! Tapi memang begitu kenyataannya. Tidak seperti kita yang melihat lingkungan pakai mata, kelelawar melihat lingkungan setelah memantulkan gelombang dan menerimanya kembali.

Pertama-tama, kelelawar akan mengeluarkan gelombang bunyi berfrekuensi tinggi yang disebut ultrasonik. Gelombang ini akan menabrak lingkungannya mulai dari dinding-dinding gua, tumbuhan, hingga hewan-hewan disekitarnya.

Setelah gelombang tadi menabrak objek, maka selanjutnya akan dipantulkan dari objek tersebut dan diterima oleh indra pendengaran yang sangat kuat milik kelelawar. Gelombang hasil pantulan objek tadi membawa beragam informasi seperti jarak, bentuk objek, hingga pergerakan.

Dengan sistem ini, kelelawar mampu mengetahui banyak hal disekiarnya mulai dari jarak dingin-dinding, berapa banyak mangsa disekiar, hingga informasi bentuk dari objek-objek tersebut.

Fungsi Ekolokasi Kelelawar

Jelas bahwa ekolokasi yang dimiliki kelelawar berfungsi untuk mengetahui informasi lingkungan sekitarnya. Nah yang lebih hebat adalah sistem ini membuat kelelawar mampu terbang tanpa menabrak dinding-dinding hingga berburu mangsa di tempat yang tidak ada cahaya sekalipun.

Jadi istilah kelelawar melihat dengan indra pendengaran adalah sebuah sistem canggih bak sonar yang tidak banyak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Tentu ini memberi keunggulan bagi kelelawar yang memiliki penglihatan kurang baik, terlebih kelelawar adalah makhluk nokturnal yang aktif di malam hari.

Related Articles

Back to top button