close
12 Fakta Unik Singa Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui - idnpacific
HewanPengetahuan

12 Fakta Unik Singa Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Bicara soal hewan predator yang paling populer di bumi, ada jajaran paus orca, hiu putih, harimau, dan tentu saja singa. Singa merupakan keluarga kucing, tapi bukan kucing biasa yang cuma makan nasi + ikan pindang. Singa adalah raja hutan yang mana menjadi predator darat mengerikan bagi siapa saja.

Kita tahu bahwa singa memiliki nama besar sebagai raja hutan, yang mana selalu menjadi perdebatan banyak orang. Singa diketahui hidup di padang rumput, bukan hutan, tetapi sebenarnya ada beberapa singa yang tinggal di hutan. Nah, Raja Hutan aslinya adalah gelar bagi singa karena memiliki kekuatan yang mendominasi serta ditakuti hewan-hewan lain.

Selain fakta di atas, singa masih menyimpan banyak sekali hal unik yang harus kita ketahui. Berikut ini adalah rangkuman fakta paling lengkap mengenai singa si raja hutan.

1. Singa Aslinya Pemalas

fakta singa
singa pemalas – image : nairametrics

Gagah, perkasa, dan punya kekuatan besar yang ditakuti hewan lain membuat kita berpikir bahwa singa adalah hewan yang aktif. Padahal faktanya singa benar-benar hewan pemalas, mereka menghabiskan lebih banyak waktu seharian untuk tidur.

Singa jantan memiliki waktu tidur yang lebih panjang dari betina, yaitu antara 18 sampai 20 jam. Sedangkan singa betina diketahui punya jam tidur sekitar 15 sampai 18 jam dalam satu hari. Semalas-malasnya kamu, pasti tidak lebih malas dari singa.

2. Singa Perenang Andal

Fakta Singa
singa perenang andal – image : pinterest

Kita tahu bahwa harimau adalah kucing besar perenang andal, tapi singa juga tak mau kalah dengan harimau. Singa memang lebih takut air, tapi mereka juga punya keahlian berenang di air tanpa tenggelam seperti harimau.

Terkadang singa perlu memiliki keahlian berenang untuk bertahan hidup pada lingkungannya. Satu contoh singa yang hidup di sekitar Delta Okavango, Botwsana. Tempat tersebut sering kali terendam air yang membuat singa di daerah tersebut menjadi perenang andal.

3. Singa Betina Berburu, Jantan Melindungi

Fakta Singa
Singa jantan melindungi – image : wallpaper flare

Singa hidup dalam sebuah kelompok yang mana satu kelompok biasanya terdiri dari satu jantan dan beberapa betina atau 3 jantan dan lebih banyak betina di dalamnya.

Singa betina dalam kelompok memiliki tugas untuk berburu dan mencari makanan. Sedangkan singa jantan adalah pelindung mereka, singa jantan membuat kelompok tersebut benar-benar ditakuti oleh kelompok hewan lain.

4. Singa Makan Banyak

Singa diketahui membutuhkan porsi daging yang cukup banyak setiap harinya. Singa betina butuh sekitar 5 kg daging per hari. Sedangkan singa jantan makan daging 7 kg atau lebih per harinya. Singa jantan biasa makan hasil buruan betina dari kelompoknya.

5. Singa Punya Kelebihan Yang Mengerikan

Sebagai predator yang ditakuti mangsa, singa memiliki banyak sekali kelebihan secara fisik yang membuatnya dapat berburu dengan sangat baik. Pertama, singa memiliki pendengaran yang sangat luar biasa, mereka memiliki telinga yang dapat berputar dan menyesuaikan arah suara.

Kedua, singa memiliki mata yang dapat menyerap lebih banyak cahaya dari mata kita. Ini membuatnya dapat melihat mangsa dengan lebih baik dari kejauhan atau tempat yang gelap sekalipun. Kelebihan pendengaran dan penglihatan yang digabungkan membuat singa dapat mendeteksi mangsa sejauh 1,6 km.

Selain itu, singa memiliki kecepatan berlari hingga 80 km/jam, kecepatan tertinggi ini biasanya dipakai ketika melancarkan perburuan jarak dekat. Jadi singa biasanya menguntit mangsanya terlebih dahulu dan mendekatinya secara diam-diam. Setelah jarak cukup dekat, singa akan memakai kecepatan max untuk menyerang mangsa.

6. Singa Tidak Ahli Memanjat

Berbeda dengan jenis kucing besar lain, ternyata singa tidak memiliki keahlian memanjat batang pohon dengan baik. Singa juga punya ukuran cukup besar 2 meter dengan berat lebih dari 200 kg, ini membuatnya makin sulit memanjat pohon.

7. Singa Betina Juga Punya Selera

Singa betina ternyata memiliki selera tersendiri terhadap singa jantan. Betina lebih suka singa jantan dengan rambut yang bersurai panjang dan hitam. Tampilan seperti ini memang menampakkan kegagahan dari singa jantan serta lebih mendominasi dan memberi kesan intimidasi yang kuat pada pejantan lain.

8. Setengah Dari Makanan Singa Adalah Bangkai

Alih-alih sebagai pemburu yang hebat, ternyata makanan singa sendiri setengahnya adalah bangkai. Bangkai tersebut bisa berasal dari sisa perburuan hewan lain, kelompok lain, sisa buruan hyena, atau yang lainnya. Jadi tidak seratus persen makanan singa adalah daging segar.

9. Singa Betina Menangkap Hewan Kecil Hidup-Hidup

Fakta yang satu ini memang terkesan sangat kejam, biasanya singa betina menangkap hewan yang masih berukuran kecil (anak-anak) dengan keadaan masih hidup. Hewan tersebut dijadikan bahan untuk mengajari anak singa tentang bagaimana cara berburu yang baik.

10. Singa Jantan Tak Ikut Mengajari Anaknya

Jadi ayah si anak singa tidak ikut dalam mengajari anaknya soal bertahan hidup maupun berburu. Semua hal tersebut diajarkan hanya dari singa betina kepada anaknya. Singa jantan hanya bertugas mengawasi dan melindungi kelompok yang ia pimpin.

11. Auman Singa Terdengar Sejauh 8 KM

Seperti yang sering kita tonton pada film, auman dari singa memang benar-benar keras dan terdengar gagah. Auman singa ternyata bisa terdengar hingga jarak 8 meter. Semakin keras maka semakin mendominasi juga singa tersebut pada wilayah kekuasaannya.

12. Singa Juga Punya Musuh Yaitu Hyena

Walaupun gelarnya sebagai raja hutan dan tak ada yang ditakuti oleh singa, tapi mereka juga punya musuh. Hyena menjadi hewan yang cukup mengganggu singa, mereka adalah pemburu yang hebat serta memakan mangsa yang sama seperti singa.

Meskipun singa tak takut sama sekali dengan hyena, tapi hewan ini punya kecerdikan dalam berburu serta memiliki kelompok dengan jumlah yang lebih besar, sehingga menyulitkan singa dalam berburu.

Baca juga : Peran besar semut bagi kehidupan di bumi

Nah itulah fakta unik singa yang jarang diketahui orang. Singa memang menjadi hewan predator di darat yang paling populer. Akan tetapi singa juga bisa terancam populasinya akibat perburuan yang dilakukan manusia demi mengambil bulu mereka.

Related Articles

Back to top button